Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Android

Kelebihan dan kekurangan sistem operasi Android -- Seperti yang diketahui bawah sistem operasi Android merupakan sistem operasi yang pada awalnya menggunakan basis Linux yang didesain untuk smartphone, dan hal itu berubah dengan diakusisinya oleh pihak Google pada 17 Agustus 2005, hingga saat ini dikenal dengan nama Android.

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Android

Adapun sistem Android saat ini menjadi primadona oleh para developer maupun pengguna di dunia ataupun di dunia.

Kelebihan dan kekurangan sistem operasi Android

Untuk Kamu yang berencana ingin menggunakan sistem operasi Android, maka tampaknya cukup bagus juga untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan sistem operasi Android, langsung saja berikut di bawah ini penjelasannya. Kelebihan:
  1. Penggunaan yang didesain mudah pada fitur-fitur aplikasi, serta tidak sulit untuk dipahami.
  2. Android dapat juga dikatakan sistem operasi berbasis Linux yang open source. Dengan begitu akan memberikan peluang besar untuk para developer membuat dan mengembangkan aplikasi-aplikasi yang bagus dan canggih.
  3. Pengguna dapat dengan bebas untuk memilih aplikasi yang mana saja yang ingin digunakan.
  4. Tersedia banyak sekali aplikasi yang dapat digunakan secara gratis dengan berbagai fungsinya, itu secara resmi tersedia di Google Play Store.
  5. Sistem operasi Android bersifat multitasking, yang berguna untuk menjalankan berbagai aplikasi secara mudah, serta dapat menelusuri apps Android yang diinginkan.
  6. Aplikasi untuk sistem Android juga dikembangkan secara up to date, sehingga setiap waktu akan muncul berbagai program dengan teknologi baru yang luar biasa fitur-fiturnya.
  7. Kamu bisa menginstal ROM yang dimodifikasi, akan tetapi pada sistem operasi Android sendiri memiliki cukup banyak jenis custom ROM. Tenang saja hal tersebut dijamin tidak membahayakan perangkat smartphone.
  8. OS Android memiliki keunggulan dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti salah satunya iOS yang dipunyai milik Apple, dimana iOS hanya dapat digunakan oleh produk dari Apple sendiri. Adapun Android dapat digunakan berbagai merek smartphone seperti Samsung, Sony Ericsson, Motorola, dan HTC.
  9. Widget yang ada di homescreen bisa diakses dengan berbagai setting, cepat dan juga mudah

Kekurangan Sistem Operasi Android

  1. Sistem operasi Android tampaknya menuntut pengguna untuk harus memiliki koneksi internet dalam keadaan aktif. Seperti minimalnya perlu koneksi internet GPRS, hal ini agar perangkat siap untuk online sesuai dengan kebutuhan pengguna.
  2. Memang terdapat banyak Aplikasi Android yang dapat digunakan secara gratis, akan tetapi seringkali  pada aplikasi yang digunakan akan memunculkan iklan yang cukup mengganggu.
  3. Baterai pada smartphone dengan sistem Android akan sangat boros dibandingkan OS lainnya, hal tersebut disebabkan dengan banyaknya proses yang berjalan secara background yang membuat energi baterai menjadi cepat habis.

Demikian penjelasan kelebihan dan kelemahan sistem operasi Android, semoga dapat bermanfaat.

loading...